Deteksi Dini Kanker Usus Besar dengan Kolonoskopi

JAKARTA — Kanker kolon ataupun usus besar adalah salah 1 jenis kanker yang paling banyak mengakibatkan kematian di tengah rakyat. Kanker ini dapat terdeteksi semenjak dini melewati pemeriksaan kolonoskopi sehingga pasien bisa mempunyai harapan hidup yang lebih baik.

Spesialis penyakit bagian dalam dari Siloam Hospitals TB bernama dr Epistel P Simatupang Sp PD KGEH FINASIM FP CP FA CP berkata skrining kanker usus besar sebaiknya telah di lakukan laki-laki serta perempuan yang sudah menginjak usia menuju 50 tahun ke atas. Sedangkan pada kelompok risiko yang mempunyai riwayat kanker di keluarga, disarankan melaksanakan skrining di usia yang lebih muda yakni 40 tahun.

Skrining kanker usus besar dapat diawali dengan tes fecal occulth blood test lebih dulu. Kalau hasil FOBT positif, maka perlu di lakukan pemeriksaan lebih lengkap melewati kolonoskopi. Kolonoskopi pada dasarnya adalah salah 1 jenis endoskopi untuk memeriksa ketidak normalan pada saluran cerna pada bagian bawah di mana contohnya ialah usus besar.

“Akurasinya diatas 90 %,” kata Epistel ketika ditemui dalam diskusi kesehatan di rs Siloam Hospitals TB Simatpang, Jakarta.

Beresolusi gambar yang tajam, Epistel berkata pemeriksaan kolono skopi memungkinkan dokter untuk melihat adanya penyakit polip mencurigakan yang mungkin akan menjadi ‘bibit’ dari kanker usus besar dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *