Benarkah Konsumsi Daging Merah Berbahaya Untuk Kesehatan?

Jakarta Selama ini banyak sekali yang menyebut efek buruk kesehatan karena gara-gara mengkonsumsi daging merah seperti misal daging sapi. Mulai dari mengakibatkan kanker sampai tekanan darah tinggi. Tetapi ternyata studi dari Purdue University, negara Amerika Serikat, menemukan fakta yang justru bertolak belakang dengan apa yang telah selama ini sudah dipercayai di kalangan rakyat.

Berdasarkan studi ini, mengkonsumsi daging merah melebihi 70 gram tak mempunyai akibat jangka pendek pada kesehatan seperti tekanan darah serta kolesterol dalam darah.

“Studi selama 20 tahun terakhir, disarankan untuk mengkonsumsi daging merah. Tetapi hasil studi saya berkata konsumsi daging merah dapat dimasukkan dalam diet sehat sehari-hari,” jelas profesor ilmu gizi, Wayne Campbell seperti di kutip Daily Mail, hari Rabu 21/12/2016.

Campbell berkata daging merah adalah makanan kaya nutrisi seperti protein dan zat besi.

Untuk menekankan hasil dari studi ini, Campbell bekerja sama dengan banyak mahasiswa doktoral Lauren O’Connor serta peneliti postdoktoral bernama Jung Eun Kim untuk menganalisis hasil uji coba klinis pada riset yang sebelumnya. Ratusan riset tentang kandungan daging merah dan penyakit kardiovaskular di teliti.

“Hasilnya, mengkonsumsi total sekitar 80 gram daging merah tiap porsi sekitar 3 kali dalam seminggu, tak membuat buruk tekanan darah serta total kolesterol darah,” jelas O’Connor.

Peneliti studi ini pun juga mengungkapkan pentingnya faktor resiko kesehatan lain. Contohnya efek konsumsi daging merah terhadap peradangan dan kontrol glukosa darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *